Trip Backpackers Bromo via Tumpang 2017 (info & tips)

Malang, adalah salah satu Kota di Jawa Timur yang memiliki banyak sekali destinasi wisatanya. Siapa yang tidak tau gunung yang satu ini, ya Bromo adalah salah satu Gunung yang berada di kawasan Malang yang terkenal dengan viewnya yang epic plus sunrise yang sangat indah. Bromo juga masuk dalam wilayah Probolinggo, Pasuruan, dan Lumajang. Kalo ke Bromo via Tumpang cukup ekstrim karena sepanjang jalannya banyak sekali jurang jurang tapi pemandangannya juga sangat indah dan sejalur dengan semeru via Ranupane.
Gunung Bromo dalam bahasa Jawa Kuna: Brahma, salah seorang Dewa Utama Hindu, merupakan gunung berapi yang masih aktif. Bromo mempunyai ketinggian 2.392 mdpl. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera sekitar 10 km2.

Stasiun Purwokerto - Stasiun Gubeng Surabaya:
Backpacker dari Purwokero biasanya naik kereta dengan tujuan Surabaya Gubeng dulu karena jika langsung ke Malang biasanya harga tiket mahal karena biasanya cuman ada kereta eksekutif saja. Dengan tujuan Surabaya menggunakan kereta Logawa dengan harga tiket Rp74.000 berangkat jam 05.30 WIB sampai di Stasiun Gubeng jam 15.00 WIB.

Stasiun Gubeng - St. Kota Baru Malang:
Dari st. Gubeng ke Kota Baru sebaiknya langsung membeli tiket kereta penataran karena biasanya cepat habis dengan harga Rp12.000. Sambil menunggu kereta penataran berangkat para backpacker bisa jalan-jalan dulu di sekitar stasiun, bisa ke wtc, atau bisa ke Musium Kapal Selam. Kereta Penataran berangkat jam 17.41 WIB dan sampai di St. Kota Baru jam 20.30 WIB.

Istirahat cari penginapan, tips, and goes to Bromo:
Jika ingin budget yang sedikit sebaiknya backpackerrs sewa motor saja karena lebih murah di banding Jeep dibanderol sekitar Rp100.000 /24 jam. Untuk penginapan backpackerrs bisa ke daerah setia budi sekitar 10 menit dari Stasiun disitu terdapat wisma mandala dengan tarif Rp90.000 per kamar dan bisa diisi sampai 4 orang. Untuk ke Bromo Sebaiknya berangkat sekiar jam 01.00 WIB karena jalan yang cukup eksrim dan harus berhati-hati, siapkan segala perlengkapannya seperti jaket, sarung tangan, kupluk dan shall, diBromo juga bisa menyewa jaket atau membeli kupluk dan shall. Harga tiket masuk ke Bromo untuk lokal Rp27.500.

Objek Wisata dan Info:
Penanjakan , sebuah tempat spot sunrise dan terdapat fasilitas seperti restoran, kedai, mushola. disitu juga spot terbaik untuk melihat gunung Semeru yang berada dibelakang pegunungan Bromo, dan di sisi lain juga terdapat sebuah gunung yang sangat indah, tapi semua itu bergantung pada cuaca. Waktu terbaik mengunjungi Bromo adalah bulan Juli sampai Agustus.
jalan ke Penanjakan
sunrise sisi lain Bromo












Gunung Batok, setelah turun dari penanjakan bisa langsung ke G. Batok, disitu bisa bermain dengan pasir yang halus dan menikmati kemegahan g, Batok.

Kawah Bromo, salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan, untuk menuju kawah ini backpackerrs akan melewati pasir yang sangat luas, untuk kesana bisa bisa menaiki kuda sekitar Rp50.000 untuk sampai kebibir tangga kawah Bromo. Dimana anak tangga diselimuti pasir vulkanik dan akan bertebaran jik terhembus oleh angin. Sebaiknya para backpackerrs memakai kacamata dan masker untuk kenyamanan, keamanan, dan tentunya keselamatan.
Pasir Berbisik, ketika turun dari kawah backpackerrs akan melewati pasir berbisik yang memiliki panorama yang sangat cantik.

Savana & bukit teletabis, sebuah hamparan yang luas untuk bersantai yang mirip dengan tempat yang ada di film kartun Teleabis. Padang rumputnya membuat suasana seperti berada di Indonesia Timur seperti di Bajo atau Sumba.
Catatan : Carilah hari yang bukan weekend agar bisa menikmati Bromo dengan tenang karena tidak terlalu ramai, sewa sepeda motor karena lebih murah dan bebas ke destinasi lain, jangan remehkan keselamatan.


Comments

Popular posts from this blog

Triks atur keuangan mahasiswa agar bisa Travelling

Pendakian Golden Sunrise Gunung Prau 2.565 mdpl via Pathak Banteng