Triks atur keuangan mahasiswa agar bisa Travelling

Traveling adalah sebuah kegiatan yang diinginkan oleh semua orang namun banyak orang yang belum pernah merasakan traveling, survei membukikan 75 % orang diatas 35 tahun menyesal tidak sering berlibur sewaktu masih muda. Jika kalian masih muda ayolah traveling jangan sia-siain umur yang masih segar hehehe. Siapa bilang kalo mau traveling mesti minta uang ke orang tua terus ? kalian bisa kok traveling dengan mengandalkan uang tabungan kalian. Kali ini saya akan bagi trik buat kalian yang ingin traveling.

1. MASAK SENDIRI

Jika kalian bisa masak sendiri kenapa mesti beli ?, lebih baik uang digunakan buat membeli bahan makanan, selain lebih murah masak sendiri juga lebih higienis, tapi jangan lupa makanan yang bergizi ya ! hehhe. Dan jika dikost kalian tidak ada tempat untuk masak kalian bisa main ketempat temen lah buat nebeng masak wkwk.




2. HIBURAN GRATIS

 Hemat bukan berarti gak ada hiburan atau refreshing ya hehe, sekedar buat ngilangin beban kalian dengan tugas-tugas kuliah yang sangat melelahkan. Kalian bisa main game dilaptop atau juga nonton film tapi bukan nonton di bioskop ya, kalian bisa mengcopy film atau minta soft file game pada temen terus kalian cuman tinggal nginstall doang kan, so simple hehhe.

3. MANFAATKAN FASILITAS KAMPUS

Setiap kampus pasti mempunyai banyak fasilitas salah satunya adalah fasilitas wifi, ya sering-seringlah main ke kampus agar kalian bisa menghemat paket kuota internet kalian. Manfaatkan juga wifi buat mendownload film atau game untuk kebutuhan nanti jika kalian mager dan malas ke kampus.

4. BAWA UANG SECUKUPNYA KE KAMPUS

Kalian harus membiasakan diri sendiri untuk membawa uang secukupnya ketika ke kampus, walaupun uang di ATM kalian masih banyak. Karena jika kalian membawa uang cash terlalu banyak nanti kalian pasti bakal tergoda atau kata lain boros.


5. MENABUNG DI CELENGAN

Cara menabung yang konvensional ini memang membutuhan waktu yang lama nanti tapi hasilnya lumayan lah dan cara ini juga tidak terlalu ribet. Bayangkan jika uang saku kalian sehari Rp 50.000, dan kalian sisihkan Rp 20.000 saja ke celengan dan tak terasa sebulan saja kalian sudah bisa mengantongi Rp 600.000 dan sudah bisa buat beli tiket pesawat ke Bali.


6. BIKIN QUOTES MOTIVASI DIRI

Menyemangati diri dengan membuat quotes misalnya "hemat pangkal kaya" atau "Indonesia itu indah" terserah yang penting bisa membuat kalian semakin semangat menabung. Kalian juga bisa menuliskan tempat tujuan traveling yang ingin dikunjungi atau menempel fotonya di dinding kamar agar makin semangat.




7.  CARI TEMAN TRAVELING

Teman juga sangat penting ketika kita mau traveling maka ajaklah teman kalian jika mau traveling, semakin banyak teman yang ikut semakin sedikit juga pengeluaran yang kita keluarkan, kita bisa iuran untuk keperluan misalnya transportasi. Teman juga bisa untuk memfotokan kita dan secara bergantian.

8. CARI PENGHASILAN TAMBAHAN

Selain berhemat dengan menyisihkan uang saku, kalian juga bisa mencari penghasilan tambahan sebagai tabungan untuk traveling. Misalnya, jadi guru les/bimbel, menjaadi reseller atau buka bisnis online shop, mencari kerja freelance, seperti menulis artikel.

Nah itu adalah trik buat kalian mahasiswa yang kepengen banget traveling.

Catatan: Hati - hati traveling bisa membuat anda ketagihan 


Comments

Popular posts from this blog

Trip Backpackers Bromo via Tumpang 2017 (info & tips)

Pendakian Golden Sunrise Gunung Prau 2.565 mdpl via Pathak Banteng